Skip to main content

Pelatihan dan Pendampingan UMi Siap Online - Berita / Program - Salam PIP

Jun 15 2021

Pelatihan dan Pendampingan UMi Siap Online

Authors list

Awal pandemi COVID-19 adalah mimpi buruk bagi para pelaku UMKM, apalagi Ultra Mikro (UMi). Banyak usaha terpaksa tutup karena penerapan zona PSBB. Pasar ditutup, pembeli menjaga jarak. Tempat wisata ditutup, wisatawan tak ada yang datang. Mau jual apa? Kalau pun ada produk mau jual dimana?  


Setelah kebijakan relaksasi datang, harapan itu mulai terlihat. Pokok ditunda, bunga disubsidi dan modal kerja pun diberikan. Saatnya pelaku UMi bangkit.


Beralih ke dunia online adalah salah satu jalan keluarnya. Mengubah orientasi bisnis dari konvensional ke digital. Namun demikian, terasa banyak kendala yang dihadapi. Mulai dari kurang pengetahuan dalam mengoptimalkan sosial media dan lapak marketplace, tidak mengetahui cara menyajikan foto yang menarik, menulis caption yang mengundang rasa ingin tahu pembeli, hingga menambah jumlah follower sebagai calon pembeli.   


Pusat Investasi Pemerintah (PIP) sebagai Badan Layanan Umum yang menyalurkan pembiayaan kepada para pelaku usaha UMi melihat masalah ini dan ingin mengubahnya menjadi peluang. Bekerja sama dengan anak-anak muda yang peduli UMKM di carijagoan.id, PIP membuat program piloting dalam bentuk pelatihan bagi pelaku usaha UMi untuk terjun memasarkan produknya secara online. Tidak hanya itu, PIP menyediakan program pelatihan dan pendampingan kepada mereka sebulan penuh lamanya. Pihak Tokopedia sebagai wakil marketplace pun diajak berbagi pengalaman. Untuk memberikan contoh nyata, PIP pun menghadirkan pelaku UMKM yang berhasil terjun ke dunia online.  


Salah satu rangkaian program pelatihan dan pendampingan UMi Siap Online adalah dengan mengadakan Webinar yang dilaksanakan pada Sabtu, 18 Juli 2020 pukul 09.00-12.00 WIB melalui aplikasi zoom dan siaran langsung melalui kanal youtube PIP. Adapun pembicara yang hadir, yaitu Ririn Kadariyah selaku Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah, Dias Satria selaku Founder Jagoan Indonesia, Felly Achmadiana selaku perwakilan dari Tokopedia, dan Indra Jaim pelaku UMKM yang berhasil terjun ke dunia online, yaitu Jaim Ori Shop.

Direktur Utama PIP, Ririn Kadariyah Memaparkan Materi di Webinar Pelatihan UMi Siap Online


Sebanyak 320 peserta yang hadir dalam webinar tersebut, 26 debitur UMi yang mendaftar untuk mengikuti pelatihan dan pendampingan UMi Siap Online, dan 14 debitur UMi terpilih yang dapat mengikuti pelatihan dan pendampingan UMi Siap Online selama satu bulan penuh.  

Debitur UMi yang Mendapatkan Pelatihan dan Pendampingan UMi Siap Online


Beberapa materi yang diberikan berupa tips dan trik memasarkan produk secara online, melakukan branding, packaging, set-up akun on-line (WhatsApp Grup, Instagram, Marketplace), dan masih banyak lainnya. Adapun kriteria dalam pemilihan peserta pelatihan dan pendampingan UMi Siap Online, yaitu merupakan debitur UMi, produk yang dapat dijual dengan mudah secara online, serta memiliki pengetahuan mendasar terkait dengan produk yang bersangkutan. Adanya program UMi Siap Online ini diharapkan dapat membantu para Debitur UMi dalam mengembangakan usahanya.   


Penulis : Kalika (www.umi.id) 

Sangat Membantu Kurang Membantu